jump to navigation

Review : Vario 125 CBS+ISS (1000 km) May 11, 2013

Posted by nicolasbrian in RodaMatic.
trackback
Halo Pembaca NicoRoda,
Kali ini sya akan mereview motor keluaran AHM saya honda vario 125 versi ISS CBS,ya ini adalah versi teranyar dari keluarga vario,perbedaan dengan vario lawas tidak banyak.
Pada sektor striping body memang tampak lebih fresh,dari sektor tombol ada tambahan yaitu tombol ISS yang berfungsi mematikan mesin dalam hitungan 3 detik,tujuan ISS ini sangat bagus,mengingat dengan menggunakan ISS bahan bakar dapat di hemat dan sekaligus ramah lingkungan karna tidak ada emisi yang terbuang saat ISS bekerja.namun ada yang berbeda dengan versi lawas vario 125,jangan kaget kalo vario anyar ini tidak menimbulkan suara “ngorok” yang selalu jadi bhan perbincangan hangat bagi pengguna vario 125, ternyata AHM menyikapi keluhan konsumen,pada versi anyar ini terjadi beberapa perubahan Pada sektor kipas Radiator sudah mengalami perubahan,dimana baling” kipas diperkecil (mirip kipas PCX).sehingga suara ngorok pun hilang.
Dari sektor busi pun sudah mengalami pergantian dengan busi yang lebih dingin A.ka kodenya ada angka 8 nya,artinya dingin,yang lawas kodenya 7 . Faktor ini lantas membuat vario anyar tidak nyut”an saat akselerasi.Pengisian AKI juga lebih besar 1,5 kali mengingat adanya fitur ISS,jadi bagi yang ingin meminang VISS kudu jangan khawatir soal AKI soak,karna AHM sudah mengantisipasi.
Review pemakaian saya di KM 1000 :
  • Vario ISS ini cukup membantu saya dikala saya menghadapi kemacetan/stuck di lampu merah dengan fitur ISSnya.
  • untuk konsumsi BBM saya 1:50 km pemakaian ron 92 dengan riding style 0-80kmh. Cukup irit untuk saya yang sehari pp 20 km,cukup untuk seminggu/lebih.
Untuk yang lainnya masih seperti versi lawas vario,tidak banyak perubahan dari segi kenyamanan,akselerasi,top speed,ya karna versi anyar ini hanya berubah pada penambahan tombol ISS.
Sekian review saya
Semoga berguna
Salam various,
Vario ISS

Comments»

1. Banditz93 - May 13, 2013

Kekuranganny ap nih gan? :bingung

Gk ad ngempos n geter di 0-20km?šŸ˜€

nicolasbrian - May 13, 2013

@Banditz93 kekurangannya saya belum nemuin nih ,mungkin material bahan body yang tipis dan cat yang gampang baret,kalo dari segi mesin belum ada kendala hehe.

ngempos sama sekali tidak ada,malah tenaga ngisi terus sampe 80kmh,80kmh> relatif berat.
Untuk geteran didek dan stang cuma sedikit,lebih nyaman kayanya dibanding wtf biasa hehe

sekian bro

2. redin - May 14, 2013

mau nanya mas bro,klau yang versi non abs iss,vario 125 striping terbaru ngorok n ngempos gak bro?

nicolasbrian - May 14, 2013

Koreksi dikit mas bro,untuk versi ISS hanya tersedia yang CBS,jadi AHM tidak memproduksi/mengeluarkan Honda vario 125 non cbs yang iss.Iss hanya tersedia buat yang CBS.

Kesimpulan :
Bisa dipastikan vario non cbs 125 yang produksi 2012 akan ngorok mas,tentu dengan produksi 2013 (diliat dari striping tidak ada perubahan).tetapi ada juga yang tidak ngorok pada vario non cbsnya.

Kalo Vario iss cbs 125 jelas ga akan ngorok,karna pihak AHM melakukan change pada sektor kipas radiator(mirip pcx).

Untuk ngempos itu bisa karna busi mas/motor tidak dipanaskan(warming up) secara benar,alhasil tenaga loss.saya juga ngempos kalo mesin dingin di pagi hari akibat tidak di warming up terlebih dahulu,tapi kalo sudah panas mesinnya,ngemposnya ilang.

Salam NicoRoda

redin - May 15, 2013

ok,thank’bro.jadi kesimpulannya,vario125 non cbs rakitan paling terbarupun msih ada yang ngorok,n kalaupun dpt yang gak ngorok,itu untung2an aja mas bro.waduh,jadi bingung sndiri,cos,mau minang yang vario cbs iss budget gak ckup,cman ckup yg non cbs.gmn saran mas bro,ada gak tips khusus beli vario non cbs yang gak ngorok?

nicolasbrian - May 15, 2013

@redin ya betul akan ngorok mas karna tidak ada perubahan pada sektor kipas radiatornya untuk versi yang biasa dan untung”an untuk yg dapet ga ngorok.

Tips saya :

pertama : Untuk meminimal/untung”an coba mas bro beli produksi 2013 (biasanya barang inden gan,kalo yang ready stock terus dipajang”,bisa jadi sisa barang 2012) di dealer besar.

kedua : konsultasi dengan marketing,tanya saja apakah vario ini ngorok setelah pemakaian lama ? dan apakah ada perubahan pada sektor mesin,dll.
jika sang marketing meyakinkan tidak ngorok,langkah selanjutnya agan bertanya tahun produksinya,cari yang 2013 dan siapa tau agan dapat yang tidak ngorok.

Ketiga : jika sudah terlanjur beli dan ngorok,tenang saja gan langsung inden kipas PCX.ngorok pun hilang.atau bisa mas bro inden kipas pcx sembari beli Hvarionya.jadi tidak terlalu lama menunggu inden 2 minggu,dan untuk jaga’.

Sekian bro
Salam NicoRoda

3. Andrey - August 23, 2013

Mau tanya ni gan, ku baru beli tadi (23-08-2013) Vario CBS ISS, rencana ban depan belakang nya mau di ganti sama yg Tubeless FDR Sport XR Evo, kira-kira cocok dan matchingnya ukuran berapa ya, kalau depan 90/80 dan belakang 100/80, bakalan ngurangin tenaga ga ya, mohon pencerahannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: