jump to navigation

Review : Ban FDR XR EVO (HVISS) May 12, 2013

Posted by nicolasbrian in RodaMatic.
Tags:
trackback

Halo Pembaca NicoRoda,

Sudah lama saya ingin memposting review tentang ban ini hehe ok langsung saja.

Karna ban merek federal dari pihak AHM kurang memumpuni untuk VISS(belum tubeless dan compound keras) menurut saya,saya mengambil keputusan untuk mengganti ban motor saya dengan ban aftermarket.Sempat bingung karna banyaknya pilihan ban aftermarket ada yang merk lokal dan impor.

Setelah saya hunting ,pilihan saya jatuh pada ban lokal yang cukup punya nama dan kualitas diajang indograndprix dan kalangan bikers merknya adalah FDR.Dari keluarga FDR untuk VISS ada dua varian Genzi dan XR EVO yang sudah tubeless pastinya.Saya pilih FDR XR EVO untuk vario iss(VISS) saya.

Saya pilih ukuran yang lebih lebar untuk tujuan grip pada aspal.teknologi ban FDR bisa dilihat di websitenya (http://fdrtire.com/product/view/2)

Spesifikasi ban FDR XR EVO VISS :

  1. Ban depan saya gunakan ukuran : 100/80 (standar pabrik : 80/90)
  2. Ban belakang saya gunakan ukuran : 110/80 (standar pabrik : 90/80)

Kelebihan ban FDR XR EVO :

  1. Grip yang sangat bagus untuk aspal karna saya pilih ukuran lebar.
  2. Sudah mengaplikasikan ban untuk medan basah dan kering.
  3. alur desain ban modern,terkesan sporty.
  4. Tubeless pastinya.
  5. Compound empuk.

Kekurangan ban FDR XR EVO :

  1. karna soft compound cendrung cepat habis bunga/alur ban (pemakaian 1000 km).
  2. saat dicoba di medan basah grip lumayan namun kadang selip.

Kelebihan diaplikasikan pada VISS :

  1. Pastinya grip sangat bagus dibanding ban federal yang ukurannya standar.
  2. cornering sangat enak karna lebar.
  3. percaya diri dengan penampilan sporty ban tersebut.

Kekurangan diaplikasikan pada VISS :

  1. Karna ban depan pakai ukuran 100/80 butuh penyesuaian karna untuk belok jadi berat.
  2. saat cornering kadang dapet kadang meleset/ngesot (efek ban ngedonat dan velg standar).
  3. tarikan VISS jadi agak berat.
  4. lebih boros bbm (firasat saya).

Kesimpulan :

  • Overall ban FDR ini sangat direkomendasikan untuk pengguna matik atau manual yang mau upgrade bannya ke ban aftermarket namun harga sesuai kualitas hehe,diatas kekurangan yang saya sampaikan itu karna kesalahan penulis yang memakai ban lebih lebar 2 step dari ban standar pabrik,sehingga ban ngedonat.Namun kekurangan ban ini tertutupi oleh kelebihan dan kepuasan impressi ban ini.

PIC VISS dengan ban FDR XR EVO :

Ban depan 100/80

Ban depan 100/80

ban belakang 110/80

ban belakang 110/80

VISS

VISS

BONUS

BONUS

BONUS ISS

BONUS ISS

Sekian review ini

Semoga berguna

NicoRoda

Comments»

1. upshot - May 13, 2013

gan, nanya donk..itu spionnya pake spion motor honda apa?trtarik ganti nih..yg bawaan ga maximal pantulan bayangan kendaraan dibelakang..thx atas tanggepannya…

nicolasbrian - May 13, 2013

@upshot spionnya pake punya honda vario juga bro,yang Vario gen 1 110 CW.Bisa dibeli di Beres bro. Untuk harganya kalo ga salah sekitar 80 rb >.Saya juga ganti karna bawaan Vario 125 gampang goyang kalo lagi melaju cepat.

sebagai tips : jangan ganti spion dengan yang aftermarket karna bergetar dan kebanyakan hanya untuk variasi.selalu pake yang original kalo bisa,walau nyelap-nyelip ga seenak spion variasi,tapi pandangan ke belakang jelas untuk keselamatan dalam berkendara.

Keep safety
Salam NicoRoda

upshot - May 14, 2013

vario 110 arah ulir spionnya udah beda yah? ga searah..

2. nicolasbrian - May 14, 2013

@upshot untuk ulir emang berbeda mas bro,tinggal copot tempat ulirnya vario 125 ,pake ulir yang langsung ke stang,jangan pake ulir tambahan.copot saja ulir tambahannya,saya jamin ulirnya sama seperti vario 110 cw🙂

semoga membantu

upshot - May 14, 2013

btw tingginya kira2 beda jauh ga? apa jd semakin lebar pk vario 110?

batok emang warna silver bawaan pabrik?

nicolasbrian - May 14, 2013

Untuk tinggi tidak berbeda jauh dengan pake ulir tambahan,karna pada dasarnya spion Vcw tinggi.yang jelas tidak melebihi stang,jadi masih aman untuk selapselip.

Itu batok saya skotlight mas bro,pake 3M.

Salam NicoRoda

3. heavenpiercing - May 21, 2013

ane uda ganti pake michelin gan😀
ukuran sama persis kaya asli.
kayaknya ga beda2 jauh lah kualitas2 ban bermerk terkenal sih, asal jgn merk c*rsa aja dah. cepet kena pakunya, abis itu rusak dah :hammer

4. Fuat Cepat - July 29, 2013

ane kemaren juga baru ganti ban si VISS pake FDR Facio ukuran standart.
harga 435 rb depan belakang termasuk pentil dan cairan anti-bochor.
kita buktikan, apakah awet dan anti-bochor.


Leave a Reply

