jump to navigation

Test : Konsumsi BBM Vario iss May 14, 2013

Posted by nicolasbrian in RodaMatic.
Tags:
trackback

Halo pembaca NicoRoda,

Selalu menarik membahas konsumsi bahan bakar pada produk anyar yang baru diluncurkan.Untuk itu kali ini saya akan memberi gambaran konsumsi bahan bakar vario iss saya.Ya banyak yang ingin tahu konsumsi bahan bakar dari produk matik anyar terbaru keluaran AHM yaitu Vario ISS.

Seberapa efisien bahan bakar yang dapat dihemat oleh vario ini.karna jika hanya perbedaan kecil dengan sebelumnya,konsumen akan mempertimbangkan meminang Vario iss ini,karna Vario lawas pun sudah hemat bbm.AHM mengklaim bahwa vario iss ini lebih irit 10 % dari pendahulunya yang non iss.Perlu diketahui banyak blogger yang sudah mengetest konsumsi bbm vario iss,bahkan ada yang tembus 76 km/liter.Memang kalo dilihat dari fitur tambahan ISS pada vario yang bekerja mematikan mesin saat idle,bahan bakar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan.

Faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM :

  1. Gaya berkendara para bikers,jika memutar gas secara hentak tiap kali di jalan akan mempengaruhi semburan bensin pada ruang bakar.Hasil yang didapat akan boros bahan bakar.
  2. Memuat beban pada motor dengan berat yang berlebihan.
  3. Medan jalan (jika medan jalan menanjak terus-menurus,akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar).
  4. Kondisi jalan (Jika dihadapkan dengan kemacetan yang terus-menerus maka bahan bakar akan terbuang sia-sia/boros).
  5. Jenis RON BBM yang digunakan ( semakin tinggi RON BBM semakin baik buat mesin dan lebih irit).
  6. Setting BBM pada bengkel (karburator).

Test konsumsi vario iss saya :

  • Rute Jalan : Ciputat – Jalan Pahlawan – Jalan rempoa – Bintaro – kampus = 9 km-10 km. PP = 20 km.

Kondisi jalan yang saya lalui untuk pergi & pulang kuliah selalu didera kemacetan,mulai dari kemacetan ringan hingga parah.Fitur iss disini sering saya gunakan,dan sangat membantu.Jenis BBM yang saya gunakan adalah RON 92,gaya berkendara buka tutup gas smooth/halus tidak pernah dihentak.Sekali-kali saya melakukan akselerasi hingga 80 km/h.Untuk speed di jalan selalu di 20-50 km/h jarang sekali dapat 80 km/h karna kemacetan yang saya hadapi.Beban yang saya bawa adalah 65 kg(saya) + 55 kg(teman).Motor Viss saya baru servis pertama di bengkel resmi,jadi sudah disetting idle rpm seperti seharusnya.Perlu diketahui kapasitas tangki VISS adalah 5,5 liter.

  • Full Tank (5,5 liter) x 8900 (shell super RON 92) = 48.950 ribu.
  • Pada saat saya isi hanya (2,70 liter) x 8900 = 24.030 ribu.
  • jadi ditangki VISS saya masih ada bensin : 2,8 L (sebelum saya isi 2,7 L).

odo awal : 858 km

odo akhir : 1089 km

Jarak odo awal ke akhir : 231 km.

jadi untuk 1 liter : 231 km : 5,5 L = 40-42 km.(sudah menggunakan ISS)

Kesimpulan :

  1. Konsumsi BBM yang diklaim AHM lebih irit  10 % dari versi lawas memang benar,Tetapi tidak mengikat dalam arti Viss ini bisa lebih irit atau boros.
  2. Review para blogger konsumsi di 58 km/L atau 76 km/L memang benar,namun faktor yang saya sebutkan diatas sangat berpengaruh.Dengan kondisi jalan dan bobot yang saya bawa hanya mimpi bisa tembus 76 km/L.
  3. Untuk ukuran matik dengan cc 125 dan injeksi tergolong irit untuk 40-42 km/L.
  4. Review ini menggunakan metode full to full dan bersifat dinamis.

Saran :

Jadi jika para blogger yang ingin meminang VISS jangan ragu-ragu untuk meminangnya,karna irit atau borosnya suatu konsumsi bahan bakar kendaraan dipengaruhi oleh banyak faktor.Sikapi pihak pabrikan yang mengklaim bisa irit sampai sekian km dengan positif alias melihat faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi bbm tersebut.jangan kemakan iklan.

PIC :

Struck SHELL SUPER

Struck SHELL SUPER

Kondisi tangki saat 1089 KM (terlihat kosong)

Kondisi tangki saat 1089 KM (terlihat kosong)

VISS

VISS

BONUS

BONUS

 

Sekian review ini

Semoga berguna

Salam NicoRoda

Comments»

1. ari widianto ari2984 - May 14, 2013

emang benerkan bisa irit segitu. kalo.ban nya sama kaya std nyav lebarnya maksudnya pasti tambah irit. ini dgn asumsi msh service 1 loh..kalo dah servis kedua pasti tambah irit

nicolasbrian - May 14, 2013

iya mas bro irit tapi tidak seperti yang digempar-genpor kan oleh pihak AHM🙂,
Thanks mas udah mampir

Salam NicoRoda

upshot - May 14, 2013

gan kyknya salah hitung deh
seharusnya:
jarak yg sudah ditempuh/banyaknya bensin yg diisi

jadi:
231km:2,7l= 85,5km/l

irit bgt tuh gan..cmiiw

2. nicolasbrian - May 14, 2013

@upshot thanks koreksinya , saya gunakan metode full tank ke full tank mas bro. sudah saya test 4x pengisian full tank,dan dapet paling bagus 1:45 km.saya akan update post terbaru setelah pakai ron 95 .

Salam NicoRoda

3. genbuz - May 14, 2013

kalo bawa sendiri mungkin bisa lebih irit lagi ya mas…
Berat 55 kg, pasti cewe tuh… Hehe…

nicolasbrian - May 14, 2013

Pasti lebih irit mas bro,hehe tau aja mas bro,biasa mas doi😀

Salam NicoRoda

4. atlet - May 15, 2013

maaf ni bro sharing aja. saya masih belum jelas sama metodenya, biasanya sih kita isi ful dulu lalu catat km odo misal x km. lalu jalan bbrp km, stlh itu isi lagi smpe ful,catet brp liter,misal z ltr. lihat jg odo saat isi ke2 tadi trus catat misal y km. jd hasilnya = (y-x)/z

jd kalau dari data bro itu kan saat 858km isi 2,7ltr. trus saat 1089 km isi berapa? karena data jumlah bbm saat isi ke dua itu yg dbutuhkan. imho lo ya😀

nicolasbrian - May 15, 2013

@Atlet kalo saya itungan metode kasar ya mas bro,koreksi mas bro benar sekali.

sebagai info saat isi BBM di KM 1089 = 4,85 L
jadi kalo pake metode mas bro,(y-x)/z = (1089-858)/4,85 = 231/4,85 = 47 km/L😀 (itungan saya 42 km) artinya meleset 5 km.

terima kasih bro atas koreksinya

Salam NicoRoda

5. fauzy - May 18, 2013

masih pilih2 nih pegen pinang juga si VISS , mayan lah tambah mantep di banding pendahulunya, mang gak mungin klo motor bisa sempurna.

nicolasbrian - May 18, 2013

ya mas bro mending ISS,tidak ada yang sempurna namun ditutupi dengan fitur yang melimpah pada VISS.

Salam NicoRoda

6. 46@sukses.com - May 20, 2013

Sip! Moga sukses!!

7. heavenpiercing - May 21, 2013

VISS gw uda 2x test full to full cm dapet 1:40 dan 1:41.

catatan :
– berat penumpang 145kg (selalu boncengan)😀
– jalan santai di 40-50kmpj aja, sesekali 60kmpj. diatas itu nyaris ga pernah krn bw istri ga brani ngepot2😀
– jarang kena macet
– oli masih bawaan, karena msh lum service sama sekali😀 tunggu bulan depan mau ganti m1ep😀
– bensin pake v-power

kesimpulan, uda cukup irit lah buat matic 125cc😀

nicolasbrian - May 21, 2013

sip mas bro,tapi kenapa pihak ahm mengkalim bisa 76 km ? ECR40 ?

Salam NicoRoda

komon - May 21, 2013

1:76 yg didapet kmrn itu dilakuin di bsd gan. Dg jalan santai 30-40kmpj + jln mulus + ga kena macet + lampu merah sedikit (klo ga slh baca cm 4 lampu merah) + kemungkinan jg berat si rider ringan (yg dpt 1:76 itu)
Jd wajar aja klo bs dpt segt hehe.

Biasa gan namanya tes ekonomis. Pasti dicari formula supaya bs menghasilkan tingkat kehematan yg tinggi. Walau diluar kewajaran pastinya haha…
Sama ky wkt tes verza bs tembus diatas 1:100 klo ga slh. Bnr2 ga masuk akal haha..

Tp biar gmn pun 1:40 uda cukup lah buat harian hehe…
Moga2 nanti ganti oli bs lbh irit lg hehe..

nicolasbrian - May 21, 2013

@komon nice info mas bro🙂 ,tapi kalo 1:40 km mending yang non iss ya ? kan AHM meluncurkan ISS dengan embel” lebih irit dari pendahulunya,tetapi ? sama dengan yang versi biasa

Salam NicoRoda

komon - May 21, 2013

Klo ga slh baca, dlu wkt tes dilakuin di bsd.
Dg jalan mulus + santai 30-40kmpj + ga macet + cm kena lampu merah sedikit + mungkin berat rider ringan (yg dpt nilai segt).
Ya wajar aja dpt segt hehe.
Namanya jg test keiritan pasti cari yg jlnnya enak gan biar bnr makan bbm hehe…
Tp menurut gw sih 1:40 uda cukup irit untuk harian😀

8. Kholid - July 5, 2013

Kalau vario 125 iss saya, paling banter cuma sampai 44,39 km/l, dengan bbm shell super dan pemakaian biasa, stop and go, sesekali top speed sampai 100 km/jam.

9. Azhar - July 29, 2013

Aku pakai Beat, kira-kira berapa…..?

10. stf - October 19, 2013

lanjutkan mas..review yang anda berikan memang sesuai dengan apa yang ada di masyarakat..


Leave a Reply

