jump to navigation

Honda Kirana 125 / Honda Dream 125 2004 November 5, 2013

Posted by nicolasbrian in RodaUmum, Uncategorized.
trackback

Halo Pembaca BOS,

kali ini saya tertarik untuk mereview motor lawas saya sejak tahun 2004 yaitu Honda Dream 125 di Thailand atau yang biasa disebut Honda Kirana 125 di Indonesia.Motor ini Masih diproduksi sampai sekarang thn.2013 di Kamboja dan Thailand dengan beberapa facelift mengikuti perkembangan zaman.Untuk Indonesia motor ini sudah tidak diproduksi lagi(discontinue) oleh Astra  sejak 2005 akhir (kalo saya tidak salah sebelum/sesudah saat peluncuran Karisma 125 D).

Honda dream 2013 thailand

Honda dream 2013 thailand

Honda Kirana ini diluncurkan oleh Astra untuk motor keluarga/dapat dipakai kalangan manapun tadinya yang mengkedepankan Fungsionalitas dan juga dengan Harga terjangkau (9 juta waktu itu Thn.2005) lebih murah dari Supra x pada saat itu.Walau CC 125 ternyata tidak bisa menggeser pasar Honda Supra C-100.honda kirana mengalami beberapa facelift(perubahan striping) dan hingga akhirnya di discontinue.

Honda Kirana saya :)

Honda Kirana saya🙂

Singkat Cerita Honda Kirana 125 ini adalah Motor yang dikeluarkan oleh Astra kepada Pasar Motor Indonesia karena menurut Astra animo masyarakat terhadap Model seperti Honda Grand masih tinggi pada saat itu.Kenyataan berbalik animo masyarakat tidak besar,masyarakat pada saat itu lebih memilih model motor bebek seperti (supra x) yang sudah Disc-Brake dan lebih casual modelnya walau harga lebih mahal dari Honda Kirana 125.Alhasil penjualan Honda Kirana 125 ini hanya beberapa ribu/puluh ribu di seluruh indonesia,dan di saat terakhir Astra men-discontinue nya,honda kirana dibagikan untuk kendaraan Pemerintah/PNS.

Dulu waktu saya berbincang dengan sebut saja Mr.X,katanya bahwa Honda Kirana 125 ini spek mesinnya sama seperti Honda dream 125 tanpa ada downgrade spek/bisa dibilang bahwa Engine Honda Kirana 125 ini didatangkan dari Thailand mentah” saat itu oleh Astra.Jadi Build Up qualitynya lebih baik.

Brosur honda Kirana Saat Itu

Brosur honda Kirana Saat Itu

Kelebihan Dari Honda Kirana 125 ini adalah

  • Mesin 125 Yang masih Build Up tanpa ada downgrade spek*.
  • CDI UNLIMITED (RPM tidak dibatasi) Buas memang.
  • Bobot yang ringan.
  • Kenyamanan berkendara Mirip dengan Honda Grand/Prima.
  • Ground Clearence yang rendah,cocok untuk postur orang asia.
  • Tenaga Atas buas karena CDI unlimiter.

Kekurangan Honda Kirana 125 ini :

  • Body yang bergetar/berisik saat putaran mesin RPM tinggi/top speed.
  • Sisi Keamanan berkendara masih menggunakan Drum Brake/Tromol di tahun yg notabenenya hampir semua motor sudah pakai Disc-Brake.
  • Akselerasi bawah yang Kurang responsif.

Untuk konsumsi BBM saya dapat 1:35-40 an (termasuk sedikit boros jika dibanding Supra x 125/karisma 125 D). Untuk spesifikasi Mesin sama dengan Supra X 125 dan Karisma 125 yaitu kode ND125/NF125.karena mesin 125 honda itu adalah Golden engine,alias satu mesin hanya beda rangka/model motornya.Yang jadi spesial Mesin Honda Kirana build up Thai,untuk supra x 125/karisma sudah menggunakan part Lokal dan CDI nya Limit alias Putaran mesin dibatasi.

Untuk sparepat Honda kirana dapat menggunakan sparepart Supra X 125/karisma125 dengan kode part KPH.Hanya Untuk Body Part sudah langka/bahkan tidak ada lagi di pasaran.

Diakhir review Blog Topik ini sangat disayangkan Honda Kirana 125 distop produksi oleh astra,tapi menjadi kebanggaan tersendiri memiliki motor klasik ini nantinya.model kalem tenaga buas untuk kubikasi mesin 125.

Salam BOS

Monggo dikomentari😀

beberapa Picture honda kirana saya(maaf kalo jelek maklum barang tua)

Honda Kirana

Honda Kirana

 

headlamp kirana saya dengan halogen Lamp

headlamp kirana saya dengan halogen Lamp

Honda Kirana saya tampak belakang

Honda Kirana saya tampak belakang

Comments»

1. dani - November 30, 2013

Apakah cdi kirana bisa di pakai di supra x 125 thn 2005 ??

nicolasbrian - December 1, 2013

Untuk CDI berbeda socket bro dengan punya supra x 125,bisa tapi harus diakalin,lebih baik pakai CDI aftermarket🙂 tinggal PnP

2. ahmadfaisolat - December 29, 2013

WOW, mulus sekali kirananya Pak,🙄

dulu, waktu jaman SMA s.d. awal kuliah saya jg pakai kirana. saya sangat sayang sekali sama motor saya itu, meskipun kata orang bentuknya jadul, tapi saya tetap suka. dibanding karisma, saya lebih suka bentuk kirana.

cuma satu yg saya ga suka dari kirana, yakni remnya masih tromol. apalagi saya yg suka sruntulan kalau bawa motor, jadilah motor itu sering nabrak atau masuk selokan gara2 kurang pakem.😆

sekarang saya sudah naik kelas pakai motor batangan sejuta umat, sementara kirana saya masih ada di rumah, masih dipakai sama ibu saya. namun kondisinya sudah memprihatinkan & tidak utuh lagi. ya karena saya sering jatuh itu😦

entah kenapa akhir2 ini saya jadi kangen sama motor itu. kalau punya uang berlebih, ingin rasanya saya merestorasi si kirana, tapi dengan menambahkan rem cakram tentunya, depan belakang sekalian, biar mantap, hehehe…

salam kenal pak😀


Leave a Reply

