jump to navigation

Update : Seputar Keluhan pada Vario 125 May 18, 2013

Posted by nicolasbrian in RodaMatic.
trackback

Halo Pembaca NicoRoda,

Berawal dari saya membaca keluhan vario 125 lewat media dan rekan saya,saya tertarik untuk mengangkat topik ini.Topik ini menarik untuk dibahas karna perlu diketahui bahwa Vario 125 sebagai matic yang paling banyak penggunanya menurut saya karna dibanjiri oleh fitur yang banyak, nyaman, irit, dan desain futuristik tentunya.Namun bukan berarti vario 125 tidak memiliki kendala dibalik banyak hal yang ditawarkan oleh vario 125.Semua yang saya tuangkan disini berdasarkan pengetahuan saya.langsung saja mas bro.

Keluhan Fisik :

  1. CAT BODY : Cat pada bodi vario 125 mudah tergores padahal sudah menggunakan kain microfiber sekali pun,pada vario ISS saya pun juga mudah sekali baret.Terlebih lagi dibagian behel belakang yang mudah sekali baret.Sudah saya akali dengan meng-compound dan wax,namun itu hanya menyamari , jika dilihat dengan senter akan terlihat lagi baretnya.
  2. JOK/Tempat duduk : Ya jok vario 125 tergolong keras dan tidak nyaman jika dipakai berpergian terlalu jauh/lama.Ini imbas oleh fitur helm in,sehingga busa menjadi tipis.Tidak ada perubahan/penambahan busa pada versi teranyar vario iss.
  3. KUNCI JOK : Kunci jok vario ini tergolong susah/butuh tenaga lebih untuk menutupnya sampai bunyi “klik”.padahal ini merupakan inovasi yang jarang ditemui pada kendaraan roda 2,dimana membuka jok hanya menggunakan tombol.Kadang juga ditemui jok terlepas dari kaitnya saat melewati jalan yang tidak rata/rusak.
  4. STANDAR SAMPING : Standar samping pada vario 125 tergolong pendek,hingga menyulitkan jika ingin parkir karna terlalu miring saat di standar.
  5. FITUR PARKING BRAKE LOCK : Saya kira masih mudah untuk menggunakan parking brake lock pada motor matik honda lainnya.Berbeda dengan vario 125 yang tergolong keras(apalagi yang tipe CBS).Sehingga fitur ini menjadi sia-sia(karna tidak bisa dipakai/keras).

Keluhan pada sektor mesin :

  1. SUARA NGOROK/ “suara snoring” : Ya suara ngorok ini sangat fenomenal,suara ngorok ini seperti bergetar dan menggangu bagi sebagian pengguna vario 125.Terlebih lagi jika dibawa dengan beban berat/boncengan,suara makin keras.Namun untuk produksi 2013 versi ISS suara ngorok ini sudah hilang total,terbukti pada vario ISS saya.Menurut saya karna AHM melakukan perbaikan pada sektor kipas radiator yang diganti dengan ukuran yang mirip dengan kipas ukuran PCX.
  2. NGEMPOS/LAJU TERTAHAN : Gejala ngempos pada vario 125 ini mirip sekali dengan hilangnya tenaga saat akselerasi/terasa kosong,dan secara tiba” tenaga mengisi penuh. (dugaan awal saya ini karna busi yang digunakan vario 125 masih mengadopsi busi panas).Pada vario ISS saya tidak ada gejala ngempos/belum datang :D.
  3. BEREBET : Ya gejala mberebet atau akselerasi seperti maju mundur,ini bisa dikarenakan unsur fe pada bensin oktan 88.Sebenarnya AHM sudah menset vario 125 untuk mengkonsumsi bbm RON 88,namun menurut saya sangat tidak masuk akal mengingat kompersi vario 125 yang tinggi.Jika masih memaksakan untuk menggunakan RON 88,saya sarankan untuk sewaktu” jika bisa isikan dengan ron 92/95 . karna ron 88 itu mengandung unsur kimia fe yang bisa menutup keramik busi,yang menjadikan efek berebet.Kalau tidak anda akan sering mengganti busi saat servis.
  4. GETARAN : Ya gejala getar pada kecepatan tertentu sampai terasa di dek motor/stang,untuk ini saya belum menemukan tipsnya,tapi mungkin bisa diakali dengan memainkan sektor CVT/menggunakan oli dengan sae yang lebih kental,contoh 10W40.

Kesimpulan : seharusnya pihak AHM melakukan perbaikan pada motor yang sangat laku untuk tipe matik Honda,langkah AHM untuk merubah sektor kipas pada versi ISS sangat bagus,tapi untuk hal yang lain ? Tentu AHM harus memikirkannya,agar konsumen pun tidak kecewa.

At the end seperti kata pepatah yang mengatakan tidak ada gading yang tak retak” artinya dibalik kesempurnaan vario 125,pasti ada keluhan yang tersirat didalamnya , untuk itu mungkin para pengguna vario yang sudah mendapatkan jawaban atas keluhan ini,monggo di share di comment,tujuannya agar membantu para pengguna vario 125 yang belum bisa mem-solve(mengatasi) masalah pada vario 125 dapat mengatasinya.

PIC Penghibur :

Honda Click ISS

Honda Click ISS

CLICk ISS

CLICk ISS

 My VISS

My VISS

Salam NicoRoda

About these ads

Comments»

1. Erit07 - May 18, 2013

Banyak juga keluhannya…

nicolasbrian - May 18, 2013

yoi mas bro “tidak ada gading yang tak retak”

Salam NicoRoda

2. masihhidup - May 18, 2013

itu VISS pake ban apa bro?
untuk aki, vario iss sudah fullwave blm ya?

nicolasbrian - May 18, 2013

Pake ban FDR XR EVO mas bro,
udah full wave

Salam NicoRoda

3. genbuz - May 19, 2013

ini dia kritik yg membangun, biar motor2 yg keluar semakin berkwalitas. selalu menyanjung sebuah produk dan tutup mata dengan kekurangan karena fanantik dengan produk tertentu makin besar deh kepala atpm… Moga di baca ama ahm yimm kmi dll…
Nice article mas bro…

nicolasbrian - May 19, 2013

pastinya bro,kalo fans boy walaupun barang ada keluhan lanjut terus.. itu salah kaprah,harusnya komplain,dan pihak yang terkait melakukan riset dan RE-CALL pada produk yang “gagal”/banyak keluhan.

Salam NicoRoda

didik - December 27, 2013

Saya jd bgung banyak yg membicarakan vario 125 tapi kok yg suka banyak sekali,n dijalan2 bnyak yg pake,knp kl bnyak mslah msh laku ya..ane jg br beli vario iss bln desember ini n km 650 smentara blm ada msalah,pdhal ane isi premium n kdang dcampur sama pertamax 2:1.mhon share perawatanya biar awet to mtr

nicolasbrian - January 15, 2014

karna V125 ini sangat laku maka dicari” masalah pada motor ini :) berbeda dengan motor matic lainnya.perawatan cukup ganti oli tepat waktu,pembersihan bagian cvt,dan penunjang lainnya.

4. Penguin123 - May 19, 2013

Kekurangan diatas kelebihan teknologi..

5. ksatria_kambing - May 20, 2013

boleh nambahin mas…jok keras…tapi sudah ada solusi http://www.kaskus.co.id/show_post/516e15e42575b48d1000000d/1242/

nicolasbrian - May 20, 2013

thanks gan :D

slama NicoRoda

6. heavenpiercing - May 21, 2013

ngempos kayaknya msh ada bro di VISS. itu cm krn mesin blom panas. klo motor uda brenti 1 jam lebih lebih baik di panasin dlu 2-3 menit baru ga bakal ngempos :D

nicolasbrian - May 21, 2013

nah ini jawaban yang membantu pengguna vario 125 yang blum tau cara mengatasi mesin ngempos

Salam NicoRoda

7. Ferdi - May 22, 2013

Doakan saya bisa beli vario 125 akhir ramadan ya bro,. .kridit kok hehe

8. henny nurman - June 29, 2013

Beneer…
standaarnya pendek tak sesuai dengan bodinya yang tinggi…

nicolasbrian - June 29, 2013

Emang bro,bisa diakali dengan pakai standar honda beat yg lama,beda 3-4 cm bro sama bawaan vario 125

9. Faris - July 2, 2013

Gan ane Vario ISS juga dan udah km 2000+ tapi ane sangat bermasalah dengan berebet dan ngempos. Setiap tanjakan pasti nggak kuat, padahal sebelumnya udah dipanasin dlu mesin nya. *Ane pake bensin V-power* jadi nggak masalah dengan bensin. Solusinya gmn ya gan ?

10. eko - July 3, 2013

gak usah mikir yang jauh2…. vario sudah teknologi standart eropa. bisa dilihat sendiri dengan kompresi ratio 11:1….. jelas sekali bahwa motor ini minum minimal pertamax…. syukur-syukur pertamax plus. lha wong motor saya (KLX 150) yang kompresinya 9,5:1 di tangki ada peringatan untuk memakai minimal ron 91(pertamax/shell mempunyai ron/oktan 92)…. atau akan ada kerusakan mesin secara bertahap. ngeriiiiiiii

11. Gie - July 17, 2013

Sekedar sharing & mungkin ada yg pernah mengalami juga.
Sebulan lalu ane beli VARISS dan nggak ada keluhan semuanya normal & sesuai harapan. namun setelah service gratis pertama kaii mulai deh muncul masalahnya… Idling stopnya ga berfungsi bro… ga tau knapa. Pasa ane balikin ke AHASSnya montirnya juga ga bisa benerin, sampai sekarang Idling stopnya masih belum bener…,,
kira-kira ada yg tau solusinya ga ya… :-(
trims…

Putu Gede Wiranjana - October 14, 2013

Coba gan bawa ke ACS (Astra Claim Shop) Astra Honda aja gan. . .

12. RH3734 - August 11, 2013

lupa satu kang, Vario 125 bodinya ringkih. Kalo jok dibuka, orang bisa narik joknya terus dilempar cuma modal tangan. kompartemen bagasi dan tanki bensin dari besi terlalu tipis jadi bisa dilepas orang dan target nomor satu maling (temen ane punya, dicuri)

13. ilhami1 - August 23, 2013

suaranya terlalu halus, padahal larinya kenceng banget.

14. rida - September 26, 2013

Jadi intinya vario iss ini recomend untuk dibeli atau gak? Thanks…

nicolasbrian - September 26, 2013

Rekomen untuk yang suka santai kang alias kenyamanan,bagi yang speed freak tidak disarankan :)

15. Ade - September 26, 2013

Salam Viss, minta wejangan’y bro, Viss ane sampe sekarang masih bermasalah ∂ getaran mesin/gredeg di setang pada saat start atau kondisi jalan macet(jalan perlahan) dan manuver pelan tambah parah gredegnya, ini lumayan mengganggu, ane sudah 3x ke Ahass dan hanya bertahan 3 hari setelah service,alhasil gredeg di setang kembali kambuh. Haturnuhun salam Viss

nicolasbrian - September 26, 2013

Solusinya kang ganti Per cvt PCX & Per sentri Zoomer X kang :) sudah banyak yang aplikasi,tarikan joss & getaran hilang

Ade - September 27, 2013

Haturnuhun kang bro atas info’y, ane coba nanti saran’y, soale ud ane coba service ke ahass tapi blm ª∂a̲̅ hasilnya..salam Viss

16. fikri - October 18, 2013

mau numpang tanya nih kang.

vario sy baru 3bln tp kok bunyi di sekitar venbelt nya, seperti ada yg amu copot dan bergetar.

sy baru 1x servis dan ganti oli 2x, oli yg ke 2 pake shell ax7 dan belum nambah oli venbelt dari pertama beli.

yang mau ditanyai apakah perlu tiap ganti oli ganti oli venbelt juga?? sy kurang tau perawatan matic krn blm pernah pake matic.

pernah tanya teman katanya emang itu penyakit vario, tapi klo sy kebengkel ahass mana aja apakah keluhan ditanggapi dan kena biaya atau ga ?

apakah penggunaan ban ngaruh terhadap venbelt, karena sy pake ban tubless michelin depan ukuran standar dan belakang 80/110 ??

17. D2t - October 28, 2013

Ane baru bli VarISS tgl 28 sep 2013 kmrn.awal beli ni motor enk bgt ϑȋ̝̊ ajak jln,tarikan gas enteng.bensin ϑȋ̝̊ isi pertamax..tp anehnya klo pke pertamax klo ane panasin bentar sering ngempos.jln bbrp hr bensin ane cmpur pertamax premium perbandingan 1:2 tarikan terasa lbih berat,tp wlpun g ϑȋ̝̊ panasin g ngempos trs jd agk boros.trs stlah tu bensin abs skrng pake Shell mesin berasa lebih enkan,tp ngempos muncul Ŀaği,skrng maslah bermunculan,stang bergetar,ada bunyi nyit2. Klo jln pelan.,gas berat bgt pas service pertama 1000km,ane tnya sm mekaniknya setang bergetar knp,dia jwb krn getaran dr mesin ( trs solusinya apaan? G ϑȋ̝̊ jawab kbngungan ) Bunyi nyit2 katanya dr sok belang krn motor msh baru,gas berat krn mtor msh baru..haadooh krn g ♏αυ͡ berdebat byk yg pd ngantri akhirnya ane plng aja..payah mekanik honda,pelayanan utk service gratis kyky males2an,apa krn gratis?agk khawatir si stlah beli vario 125 iss takut semakin byk masalah,klo utk body keren sebenernya,jok g terlalu masalah utk keras,utk yg Iss radiator g bnyi ngorok tp agk kasar y utk ukuran kipas radiator,mdh2n pnya ane g ngorok,bodynya sbnrny g tipis,knp sering lecet menurut ane krn body vario 125 yg bongsor gede,jd gampang kesenggol sana sni..jd lecet deh.utk akselerasi klo blm biasa pst kagok tp lama2 enk aja utk selap selip kemacetan..cm ni motor klo angin gde rada goyang,mgkn krn kegedean body x y.teknologi iss ckup membantu,dan bs ϑȋ̝̊ bilng vario 125 motor yg ckup irit.ϑȋ̝̊ balik byk kelebihan dan kecanggihanya emng byk jg kekurangannya,syg dr hondanya kurang care..byk bgt kyky ϑȋ̝̊ forum2 bhkan ϑȋ̝̊ surat pembaca tentang keluhan vario 125 tp g ada respon dr honda,dan yg ckup mengecewakan sepertinya byk mekanik honda yg kurng berpengalaman,wlpn g smuanya. Ane pny mtor slain honda ada suzuki&yamaha..tlng after salesnya lbih ϑȋ̝̊ perhatikan,Ĵgň fokus ke penjualan aja krn kejar2an sm yamaha persaingan jualan motor jd mengabaikan pelanggan..dlu honda dikenal motornya suaranya halus awet jarang masalah,tp klo liat ϑȋ̝̊ jln ada vario 125 yg terbilng br tp suara ngoroknya keras bgt,ngenes jg y.mgkn utk saat ini honda fine2 aja,tp cpt atau lambat pelanggan akn menilai…
Solusi setang bergetar sm gas berat apa ya Gan.

nicolasbrian - November 5, 2013

Saya akan menjawab keluhan bapak :
Jadi Solusinya jika gas berat/akselerasi lamban bisa disubsitusi dengan pergantian part bagian CVT,dengan memakai Per CVT pcx dan Per sentri Zoomer X.Utk bagian CVT itu termasuk Fast-moving part alias pemakaian sehari” jd tidak digaransi.Jika bpk butuh part tersebut bisa mengemail sya ke : Nicolasbrian93@gmail.com untuk sya tune up motor bpk dengan part” yg sya sebutkan tersebut :)
Salam BOS

18. iss rider - November 5, 2013

vario cbs iss saya pakai ban FDR 120/70 14″ (belakang) dan FDR 90/80 14″ (depan) dengan velg Power palang lima chrom, apakah cukup aman penggunaan dalam jangka panjang terhadap komponen CVT nya serta laher roda?, lalu saya mengganti knalpot standar nya dengan knalpot merk Tsukigi standar racing (agar suara sedikit menggeram namun tidak menggelegar) apakah penggantian knalpot mempengaruhi konsumsi bensin vario cbs iss? jarak yang saya tempuh per harinya pulang pergi sekitar 50km antara kampus dan rumah dengan kondisi jalan rata dan selalu macet. Terima kasih.

nicolasbrian - November 5, 2013

untuk jangka panjang aman” saja bro karena masih dalam batas normal ukuran ban tersebut,hanya ban belakang mungkin terlalu besar di 120.idealnya mentok di 110.Untuk Keawetan laher dan komponen CVT itu tergantung pada bagaimana pembawaan motor tersebut(buka-tutup gas).Pergantian knalpot jelas mempengaruhi konsumsi BBM tetapi motor akselerasinya enteng karena tdk ada hambatan gas buang.Untuk lebih responsif akselerasi stop n go bisa mengaplikasikan part Honda PCX seperti Per CVT pcx & Per Sentri Honda zoomer X :)

19. beokubawel - November 14, 2013

honda vario 125 ane dah 9 bulan langsung turun mesin mas bro,,stang seher koplak,,oblak,,ternyata ane komplain ke ahas nya sudah tidak bisa karena garansi rusak,,n ternyata lagi si mekanik bilang banyak mas g turun mesin jga disini dah ada 5 unit,,setelah saya lihat memang benar ada rata2 umur nya di bawah 1 thun semua,,wlah kok bisa belum setahun dah pada kena mesin nya,,mohon untuk honda perbaiki kinerja mesin jgn asal jga kya kacang goreng,,saya sebagai konsumen kecewa berat,,

nicolasbrian - November 17, 2013

Riding Style nya gimana mas ? buka gasnya ? jalan yang dilalui ? tergantung situasi-kondisi mas,vario saya sudah 8 bulan tidak ada kendala yang berarti :)

20. nicolasbrian - December 1, 2013

Pendapat saya semua merk motor jika bro perlakukan tidak semestinya akan rusak juga :) mnurut sya motor bro rusak karna gaya perawatan bro saja yg tidak disiplin.

21. wahyu - December 2, 2013

mohon pencerahannya gan.
bulan 11 akhir kemaren ane beli mtr new vario non ISS.
setelah dipake di kecepatan 20-40 kpj kok mtr terasa greg . .greg. . dr bagian mesin.
padahal km mtr di bwh 100.
penyebabnya apa ya?
mhon bntuan.

nicolasbrian - December 15, 2013

Halo BOS,
Pada motor matik itu gregel-gregel saat rpm rendah bisa disebabkan karna penyesuain bagian cvt/ada part yang sudah haus,kalo pada kasus bro mungkin penyesuain cvt,coba di pakai hingga servis 1 (500 km) :) jika masih gregel bisa hubungi saya di no hp saya,ada di blog ini

Bang Zull - December 16, 2013

Kasus ini juga saya alami pada motor saya, vario 125 iss yang baru saya beli bulan november lalu. Saya sudah klaim ke Ahass tempat saya beli motor tersebut, tapi setelah diklaim getaran malah makin terasa. Gejala greg-greg-greg terjadi pada kecepatan 40km/jam (getarannya seperti rantai yang terlalu kencang pada motor bebek/motor yang menggunakan rantai). Saat ini motor sudah 350 km. Sungguh tidak nyaman dikendarai. Adakah solusinya Masbro? atau saya tunggu saja sampai 1000 km /service pertama ya?

nicolasbrian - January 14, 2014

untuk permasalahan itu bisa di upgrade cvtnya dengan part Honda PCX seperti per cvt pcx & per sentri zoomer x untuk mengurangi gejala getar” dan bisa juga ini penyesuaian bagian CVT(motor baru),gejala getar ada 2,ada yg khas motor matic dan karena adanya masalah pada CVT.semua yang saya sebutkan tidak menghilangkan getaran namun mereduksi getaran yang bro sebutkan,

22. Bod0ng - December 4, 2013

Kenapa setiap m0t0r metic suka berbunyi ng0r0k kaya ada yang menggesek. Kira2 apa ya

nicolasbrian - December 15, 2013

Ngorok? Atau suara resonansi putaran mesin bro ? Matik memang begitu ada suara resonansi pada saat akselerasi,coba anda dengarkan hampir semua matik ngorok :)

23. amar - December 4, 2013

saya punya viss baru 3 bln kalau jalan 30-40 km/jam ada getaran klek-klek pada roda belakang,trus roda belakang ikut panas kalau di pakai jalan jauh and biaya berapa ya untuk ganti per cvt pcx dan per sentri apa tadi ???honda zoomer maklum baru denger tu nama tank u infonye!!!

nicolasbrian - December 15, 2013

Salam BOS,
Untuk kasus mas menurut saya harus di check CvT dalamnya,kalo panas yang dimaksud pada bagian tutup cvt itu hal yang normal mas,tapi kalo panasnya sampe berlebih baru bro bisa check bagian dalam cvt tersebut.untuk per cvt pcx-per sentri zoomer utk info lbh lanjut hubungi saya :) no hp saya ada di blog ini.

24. atik - December 19, 2013

Viss sy mggu lalu servis 8000 km di ahass, sy jg mnt tlg bersihkan cvt dan tryt itu merupakan servis tmbahan (tdk msk paket servis 8000 km), ya udh gpp. Sblm servis, kondisi motor tarikan agak berat tp lainnya msh oke, cm sy cb ikuti petunjuk buku garansi. Setelah servis, tarikan motor makin enteng, tp pada kecepatan sekitar 40-60 kpj, kok terasa grek-grek, tp selepas 60 kpj mulus lagi, kira2 knp ya? Sebaiknya sy hrs balik lg ke ahass atau msh normal jd tgu smp servis berikutnya?

nicolasbrian - January 14, 2014

iya bro,memang kena charge untuk pemebrsihan CVT,berbeda dengan servis,bisa dibilang ini servis tambhan.untuk gejala greg-greg bisa di reduksi dengan pergantian per sentrifugalnya (per kopling),namun menurut saya pergantian per sentrifugal hnya mereduksi getaran bukan menghilangkan.kalo pribadi saya tidak masalah dengan greg-greg selama tidak menurunkan performa.

25. rendy - March 25, 2014

ane juga punya vario 125 baru..?? masalahnya sama apa yg tertera di atas, seharusnya motor baru itu minim masalah brooooo….??? akhirnya saya jual dan beli merk lain.. eh sampai sekarang motor matik yg baru ane kagak ada masalah..

nicolasbrian - March 25, 2014

hanya masalah selera , konsumen berhak membeli apapun dan menilainya. dan jangan berbangga pak karna semua punya kelebihan dan kekurangan.

Terlihat dari cara anda komentar sepertinya anda masih belum matang dalam berpikir :) maaf sebelumnya

nicolasbrian - August 10, 2014

Betul bro :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 115 other followers

%d bloggers like this: